Sarana
dan prasarana pendidikan pada dasarnya dapat dikelompokan dalam empat
kelompok, yaitu tanah, bangunan, perlengkapan, dan perabot sekolah (site, building, equipment, and furniture).
Agar semua fasilitas tersebut memberikan kontribusi yang berarti pada
jalannya proses pendidikan, hendaknya dikelola dengan dengan baik.
Pengelolaan yang dimaksud meliputi:
1. Perencanaan
2. Pengadaan
3. Inventarisasi
4. Penyimpanan
5. Penataan
6. Penggunaan
7. Pemeliharaan
8. Penghapusan
Menurut Tim Pakar Manajemen Pendidikan (2003:86) “pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dapat didefinisikan sebagai proses kerjasama pendayagunaan semua sarana dan prasarana pendidikan secara efektif dan efisien”.
adapun hal - hal yang harus di ketahui oleh administrasi sarana dan prasarana
adapun hal - hal yang harus di ketahui oleh administrasi sarana dan prasarana
1.
Hendaknya kepala sekolah sebagai administrator harus mengetahui
langsung sarana prasarana apa saja yang ada disekolahan dan bagaimana
keadaannya.
2. Melakukan sisi pencatatan yang tepat sehingga mudah diketahui dan di kerjakan.
3.
Administrasi peralatan dan perlengkapan pengajaran harus senantiasa di
tinjau dari segi pelayanan untuk turut memperlancar pelaksanaan program
pengajaran
Kondisi-kondisi
di atas akan terpenuhi jika administrator mengikutsertakan semua guru
dalam perencanaan seleksi, distribusi dan penggunaan serta pengawasan
peralatan dan perlengkapan pengajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar